Rabu, 15 Oktober 2014

PERTANIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

  




Pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang mencangkup bercocok tanam, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Mayoritas penduduk Indonesia memiliki profesi sebagai petani. oleh karena itu pertanian sangatlah penting dan patut untuk dikembangkan. Di Indonesia keberadaan dan akses terhadap pangan yang murah dan mencukupi selalu jadi masalah yang sulit untuk dipecahkan. Ketahanan pangan dapat diartikan sebagai kondisi dimana setiap orang sepanjang waktu memiliki akses, baik secara fisik maupun ekonomis yang cukup, aman, dan bergizi, agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi. 

Meskipun Indonesia merupakan pengimpor beras terbesar di pasaran dunia dan produksi padi terus meningkat dari tahun sebelumnya, tetapi pada kenyataannya Indonesia masih belum bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat karena pertumpuhan penduduk yang cukup pesat. Sementara itu, lahan pertanian juga semakin menyempit karena adanya pembangunan perumahan, perkembangan gedung-gedung industri dan lain sebagainya.

Kearifan lokal adalah memahami alam dan bakat di tempat hidup dan diwujudkam sebagai tradisi. Kearifan lokal juga dapat berwujud kebiasaan, nyanyian, pepatah, ataupun pola-pola hidup yang melekat pada keseharian. Kearifan lokal biasanya tecermin pula pada adat hidup masyarakat yang telah berlangsung lama ataupun nilai-nilai yang berlaku di kelompok masyarakat bersangkutan. Kearifan lokal jika didayagunakan dengan tepat, diyakini mampu mendorong inovasi dalam mengelola sumber daya yang dimiliki.

Di Indonesia, jenis dan variasi makanan lokal sangat beragam. Hal ini tergantung dari tradisi, kebudayaan dan kebiasaan masyarakat setempat. seperti misalnya ubi jalar, sagu, dan jagung makanan ini tidak berarti keadaan sosial ekonomi masyarakat rendah, akan tetapi sudah menjadi kebiasaan dan kearifan masyarakat setempat dalam memanfaatkan hasil alam.

sumber:
http://blog.ub.ac.id/rnhere/2014/09/03/ketahanan-pangan-berbasis-kearifan-lokal-koran-sindo-23-agustus-2014/
http://accountability.humanitarianforumindonesia.org/LinkClick.aspx?fileticket=GNVCYk54hCw%3D&tabid=648&mid=1526

Redrose*

2 komentar:

  1. apa hubungannya pertanian berbasis kearifan lokal dengan berwujudan nyanyian, dan pepatah? bisa di jelasin gak mbak? hehe

    BalasHapus
  2. mungkin lebih baik baik jika ditambah contoh

    BalasHapus